Cari

Selasa, 10 Juli 2012

Kayu Teras vs Kayu Gubal

Dalam memilih furniture, terutama furniture yang terbuat dari kayu ada baiknya bila Anda mengenal seluk beluk tentang kayu. Anda juga harus jeli membedakan mebel yang terbuat dari kayu berkualitas dan mana yang bukan. Jangan hanya menganggap bahwa mebel mahal pasti berkualitas!
Salah satu cara untuk mengetahui kualitas sebuah mebel kayu adalah dengan memperhatikan warna kayunya. Secara garis besar bagian-bagian kayu dibagi menjadi dua bagian, kayu teras (heartwood) dan kayu gubal (sapwood). Mungkin sebagian dari Anda merasa asing dengan dua kata tersebut. Apa sebenarnya perbedaan dari kedua jenis kayu tersebut.

Letak dan Warna
Bila Anda memotong sebuah batang kayu secara melintang, maka akan terlihat perbedaan warna bagian dalamnya. Warna kayu yang lebih gelap dan terletak pada inti sebuah batang pohon disebut kayu teras (heartwood). Sedangkan yang terletak lebih luar dari diameter batang adalah kayu gubal (sapwood). Biasanya orang-orang Jepara menyebutnya dengan Kayu Jati Non Putih (kayu teras) dan Kayu Jati Putih (kayu gubal). Tentu hal ini akan susah dibedakan bila ternyata furniture tersebut telah di-finishing dengan warna yang gelap.

Kepadatan
Kayu teras memiliki pori-pori yang lebih rapat dibandingkan kayu gubal, ini karena umur kayu teras lebih tua daripada kayu gubal. Hal ini membuat papan kayu teras memiliki kemungkinan menyusut lebih kecil. Secara mekanik lebih kuat. Rata-rata sekitar 65-75% dari radius kayu gelondongan merupakan kayu teras.
Kayu gubal sangat tidak direkomendasikan untuk diproses menjadi furniture untuk konstruksi karena memiliki rongga pori-pori yang lebih lebar sehingga nilai kekuatannya sangat lemah. Pun bila ingin tetap memanfaatkannya, maka tidak boleh digunakan pada bagian konstruksi (penopang) apalagi untuk outdoor furniture. Pada bagian tertentu bisa digunakan sebagai komponen pembantu, seperti panel, itupun apabila warna tidak menjadi masalah karena kayu gubal cenderung berwarna lebih terang.
Ada beberapa jenis kayu yang agak lebih susah untuk membedakan 2 bagian ini karena mereka memiliki warna yang hampir sama. Ada pula pada jenis kayu tertentu yang kayu gubalnya tetap bisa digunakan untuk membuat furniture karena memiliki kekerasan yang hampir sama dengan bagian kayu teras.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...